Perdagangan Besar & Eceran

Sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor adalah salah satu sektor yang memiliki potential winner atau bertahan di masa pandemi COVID-19 dan menjadi sektor unggulan di seluruh kawasan kota Bandung.

Karakteristik

Saat ini sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor, adalah Sektor ini sangat tergantung dengan faktor eksternal, yaitu distribusi barang karena sebagian barang yang diperdagangkan bukanlah hasil produksi dalam kota.

Sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor Kota Bandung menguasai 23 persen pangsa pasar, sekaligus yang tertinggi di Jawa Barat. 

Pertumbuhan Ekonomi Sektor dan Nilai Investasi

Berdasarkan data BPS Kota Bandung tahun 2020, nilai PDRB sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor mengalami fluktuasi. Sektor ini mengalami peningkatan angka PDRB dari tahun 2018 ke tahun 2019, namun pada 2020 mengalami penurunan sebesar 18,3 persen. 

Perusahaan yang menjadi pelaku usaha di sektor ini di antaranya Toserba Griya, Indomarco, Borma Toserba, Paris van Java, Toyota, Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki dan lainnya. 

Daftar Peluang Investasi

Cibeunying Kaler
Value : Rp50.000.000
Sumur Bandung
Value : Rp0

View More