Cibeunying Kidul

Karakteristik

Kecamatan Cibeunying Kidul termasuk di dalam SWK Cibeunying. Dengan luas wilayah 5,25 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 112.903 jiwa (4,39 persen dari total penduduk Kota Bandung), kecamatan ini memiliki kepadatan 20.455 jiwa/km2.

Per 2019 jumlah penduduk Kecamatan Cibeunying Kidul tercatat sebanyak 112.903 jiwa, terdiri dari 56.209 perempuan dan 56.694 laki-laki.

Sebagai kawasan pemukiman yang mengandalkan sektor perdagangan, di Kecamatan Cibeunying Kidul terdapat 10 bank yang dikelola pemerintah, 4 bank swasta, dan 3 koperasi Industri Kecil dan Kerajinan Rakyat, serta 9 Koperasi simpan pinjam.

Sektor Utama

Tiga sektor utama yang berada di Kecamatan Cibeunying Kidul meliputi sektor jasa perusahaan, perdagangan besar dan eceran dan industri pengolahan.

Potensi wilayah yang terdapat di kecamatan Cibeunying Kidul:

  • Adanya sejumlah Sekolah untuk anak usia dini yakni PAUD yang tersebar di beberapa RW di 6 Kelurahan se Kecamatan Cibeunying Kidul,¬†
  • Adanya Saung Angklung Udjo,
  • Adanya berbagai sektor industri dan home industri seperti Perusahaan pakaian jadi/kaos (sentra kaos), pembuatan telor asin, awug, krupuk kulit dll,
  • ¬†Sekewood adalah kegiatan partisipasi pemuda dalam kegiatan sinematografi dengan tujuan akhir yaitu peningkatan life skills, kemudian pemberdayaan pemuda dijadikan aspek penelitian karena selain membahas partisipasi, pemberdayaan juga menjadi output kehiatan yang dilakukan pemuda,
  • Adanya rumah sehat dan penanaman toga.

 

Kecamatan Cibeunying Kidul dikenal dengan Saung Angklung Udjo, teater outdoor dengan pertunjukan harian angklung, serta program edukasi dan pusat kerajinan tangan. Toko yang dikelola keluarga atau home industri menjual barang rumah tangga dan makanan ringan lokal, sedangkan tempat-tempat makan terkenal, menawarkan masakan Sunda dan masakan Jepang. Dan di sepanjang Jalan PHH Mustapa terkenal dengan perdagangan kaos atau yang lebih dikenal dengan nama Sentra Sablon Suci.

Daftar Peluang Investasi

Peta