Babakan Ciparay

Karakteristik

Kecamatan Babakan Ciparay, dengan luas wilayah 7,45 km2, terdiri dari enam kelurahan, yakni : Margasuka, Cirangrang, Margahayu Utara, Babakan Ciparay, Babakan, dan Sukahaji.

Jumlah penduduk Babakan Ciparay terus mengalami penambahan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, jumlahnya mencapai 143.066 jiwa, terdiri dari 70.225 perempuan dan 72.841 laki-laki.

Potensi

Ada ratusan industri berbagai skala di Kecamatan Babakan Ciparay. Data tersebut mencakup 323 industri makanan, 135 industri pakaian, serta 110 industri minuman.

Di bidang perdagangan, di Kecamatan Babakan Ciparay terdapat 4 pasar, 24 kelompok pertokoan, 19 minimarket, swalayan, dan supermarket, serta 1.473 toko warung kelontong.

Kecamatan Babakan Ciparay memiliki potensi di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor kuliner. Terdapat berbagai macam kuliner di Kecamatan Babakan Ciparay diantaranya adalah bandrek, ikan presto, cendol hitam, kopi jahe, serta Tahu NJ Cibuntu. Tahu NJ Cibuntu didirikan pertama kali pada tahun 1979 dengan produksi pertamanya hanya 10 Kg, saat ini produksinnnya sudah mencapai 3 ton. Beralamat di Gg. Air Mancur No.62, Sukahaji.

M.R Collection merupakan industri kreatif di Kecamatan Babakan Ciparay yang membuat produknya menggunakan kain perca. M.R Collection juga telah menembus pasar luar negeri serta pernah meraih juara 3 kategori Craft pada UMKM Award 2019 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung. Beralamat di Gg. Melati No. 148, Margasuka.

Daftar Peluang Investasi

Peta