Arcamanik

 

Karakteristik

Kecamatan Arcamanik, dengan luas total 6.07 km2, terdiri dari empat kelurahan, yakni : Cirasaranten Kulon, Cisaranten Binaharapan, Sukamiskin, serta Cisaranten Indah.

Per 2021, jumlah penduduk Arcamanik tercatat 79.731 jiwa, terdiri dari 39.945 perempuan dan 39.786 laki-laki. 

Ada beberapa tempat atau bangunan ikonik dan bersejarah di Arcamanik. Diantaranya adalah Penjara Sukamiskin dan lapangan pacuan kuda yang saat ini sudah berubah wujud menjadi Sentra Pembinaan Olah Raga (Sport) Jawa Barat atau lebih populer di kalangan masyarakat sebagai Gelanggang Olah Raga (GOR) Arcamanik.

 

Potensi

Masih ada lahan sawah di Arcamanik. Luasnya tercatat 11,4 hektare. Lahan sawah tersebar di setiap kelurahan, kecuali Sukamiskin.

Untuk bidang perdagangan, hanya tercatat keberadaan 15 kelompok pertokoan, 18 minimarket atau swalayan, 17 kelompok pertokoan, serta 20 restoran.

Pada Kecamatan Arcamanik terdapat kampung film dengan nama Kampung Film Balck Team. Di kampung film tersebut memiliki program pembuatan film, pemutaran atau pertunjukan film, kampung kreatif film serta bedah film screening atau diskusi mengenai perfilman. Kecamatan Arcamanik juga terkenal dengan komunitas ketapelnya, selain itu juga terdapat pengusaha baju wayang kulit. 

 

Daftar Peluang Investasi

Peta